Gambar dibawah ini merupakan arsitektur zimbra secara konseptual. Zimbra Collaboration dirancang untuk memberikan solusi email end-to-end yang scalable dan handal yang dapat diakses dari berbagai platform dan mobile device.

Arsitektur Zimbra

Dari gambar di atas, Zimbra dibagi menjadi 4 fungsi utama:

  • Zimbra LDAP berfungsi sebagai tempat menyimpan data user/password dan seluruh konfigurasi, dia merupakan jantung dari seluruh arsitektur Zimbra, yang berbasiskan Open Source project yaitu OpenLDAP. dan setiap implementasi Zimbra harus memiliki Zimbra OpenLDAP Database.
  • Zimbra MTA berfungsi untuk menerima email yang datang dari luar dan mengirimkan email ke masing masing mailbox yang dituju ke dalam user Zimbra, dan juga bertanggungjawab untuk mengirimkan email yang berasal dari internal ke luar.
  • Zimbra Mailbox berfungsi sebagai tempat dimana seluruh proses yang berhubungan dengan pengguna diselesaikan, mailbox mengontrol segala sesuatu yang ditampilkan di dalam Zimbra Web Client, sehingga pengguna dapat melihat data mereka. Dia juga berfungsi untuk menerima request dari pengakses, menempatkan data ke dalam media penyimpanan, melakukan indexing, menyimpan seluruh informasi terkait contacts, calendar dan tasks.
  • Zimbra Proxy berfungsi untuk menjawab seluruh request yang datang dari pengguna dengan menggunakan protokol HTTP/S, POP3/S , IMAP/S, ActiveSync, sehingga server-server mailbox tidak perlu berhadapan langsung dengan pengguna.

Beberapa penjelasan tambahan dari arsitektur di atas, yang secara langsung atau tidak akan terkait dengan fungsi-fungsi utama Zimbra yang sudah dijelaskan di atas dan bisa dijabarkan sebagai berikut:

  • Web Browser Clients. Zimbra mendukung penggunaan email melalui web browser dengan berbagai browser yang tersedia seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome dan Safari. Dengan menggunakan Ajax Client / Framework Zimbra menyediakan fungsionalitas seperti drag-and-drop dan hal lainnya yang biasa dilakukan oleh pengguna.
  • Mobile Clients. Zimbra dapat berkomunikasi dengan seluruh mobile devices yang memiliki fasilitas untuk memanfaatkan protokol ActiveSync seperti Android, Windows Mobile dan IOS untuk melakukan sinkronisasi data ( Email, Contacts, Calendar and Tasks ) yang tersedia di dalam mailbox mereka.
  • Desktop Clients.  Selain memiliki aplikasi desktop sendiri yang disebut Zimbra Desktop,  pengguna dapat menggunakan Microsoft Outlook dengan memanfaatkan Zimbra Outlook Connector untuk sinkronisasi data ( Email, Contacts, Calendar and Tasks ). Zimbra juga dapat diakses menggunakan beberapa email client lain seperti  Thunderbird, Apple mail,  dan aplikasi yang memiliki fasilitas  untuk berkomunikasi dengan server Zimbra via POP3/S atau IMAP/S.

Ingin memahami lebih dalam lagi terkait Zimbra Collaboration ? Training saja di PT. Jabetto Maraya selaku Zimbra Official Training yang ada di Indonesia.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *