Tips Membatasi User Kirim Email Ke Distribution List Zimbra. Zimbra Collaboration memiliki fitur Distribution List. Distribution List berfungsi sebagai group email yang beranggotakan user-user.

Contoh :

Kita membuat distribution list dengan nama itdiv@ilmuzimbra.com yang member / anggotanya rio@ilmuzimbra.com dan yoga@ilmuzimbra.com. Jadi pada saat user mengirimkan email ke itdiv@ilmuzimbra.com, maka member yang ada didalam DL tersebut menerima email yang dikirimkan.

Pada defaultnya, DL dapat dikirimkan email oleh siapa saja.Lalu bagaimana jika kita menginginkan hanya user tertentu saja yang boleh mengirimkan email ke alamat DL tersebut ?

Agar fitur pembatasan ini dapat berfungsi, kita harus meng-enable milter server. Masuk pada Zimbra Admin Console, lalu masuk ke menu Home – Configure – Global Settings – MTA. Lalu centang Enable Milter Server seperti gambar berikut.

Enable Milter Server

Jika sudah di save, maka selanjutnya adalah melakukan restart service zmmilterctl agar perubahan tersebut ter-apply.

Selanjutnya, edit Distribution List yang akan dibatasi. Pada bagian owner, tambahkan satu atau lebih user yang dijadikan owner. Jika user telah diset menjadi owner, maka user dapat melakukan perubahan apapun dari DL mana Zimbra Web Client user tersebut.

Contoh : DL itdiv@ilmuzimbra.com memiliki 1 owner yaitu rio@ilmuzimbra.com

Owner Distribution List

Selanjutnya untuk membatasi DL itdiv@ilmuzimbra.com, maka hanya user rio@ilmuzimbra.com yang melakukan perubahan.

  • Masuk ke Zimbra Web Client dan login menggunakan user yang dijadikan owner.
  • Masuk ke menu Address Book / Contact – Distribution Lists
  • Edit Distribution List, lalu masuk ke bagian Distribution List Properties.

Restrict Distribution List

Terdapat beberapa aturan yang dapat kita pilih untuk membatasi DL.

  1. Anyone can send to this list : semua orang dapat mengirim email ke DL tersebut.
  2. Only members can send to this list : hanya members yang didalam DL yang boleh mengirimkan email ke DL tersebut.
  3. Only internal users can send to this list : hanya internal user yang ada pada zimbra yang boleh mengirimkan email ke DL tersebut. Jadi seperti gmail, yahoo, dll akan di reject.
  4. Only these users can send to this list : hanya user-user yang tertentu yang dimasukkan pada kolom yang boleh mengirimkan email tersebut.

Hasilnya, jika user yang mencoba mengirimkan email ke DL yang sudah dibatasi, maka akan muncul error pop up seperti berikut.

Error DL Pop Up

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *