Pada artikel ini, Ilmu Zimbra akan menjelaskan bagaimana cara membuat dan validasi dkim zimbra pada DNS. Bagi yang belum mengetahui apa itu DKIM, dapat membacanya pada artikel Memahami DomainKeys Identified Mail (DKIM).

Membuat Dan Validasi DKIM Zimbra Pada DNS

Membuat DKIM

Untuk membuat DKIM hanya bisa dilakukan menggunakan command line. Jalankan perintah berikut dengan menggunakan user zimbra. Jika zimba dibangun multiserver, maka perintah ini dijalankan pada server yang terdapat service MTA.

Dari perintah diatas, maka akan menghasilkan output seperti berikut.

Untuk memasukkan DKIM Record ke DNS. Kita membutuhkan yang namanya selector dan record dkim. Untuk selector diatas adalah B6AA067A-6B6A-11E7-96A4-3D5FE4F7BA5A._domainkey sedangkan untuk dkim record ambil dari semua karakter yang berada didalam tanda ( ). Dengan catatan hapus semua tanda kutip ” sehingga menghasilkan data seperti dibawah ini.

Melihat DKIM

Untuk melihat atau memastikan apakah zimbra sudah terdapat DKIM atau belum, dapat menggunakan perintah berikut.

Menghapus DKIM

Untuk menghapus DKIM, dapat menggunakan perintah berikut.

Memperbarui atau Update DKIM

Untuk memperbarui atau update DKIM, dapat menggunakan perintah berikut.

Catatan : Jika Anda mengupdate DKIM pada Zimbra, maka akan menghasilkan selector dan record DKIM yang baru. Jadi Anda harus mengupdate-nya juga pada DNS.

Memasukkan DKIM Record Pada DNS

Berikut adalah contoh proses penambahan record baru. Sebagai informasi, Ilmu Zimbra menggunakan layananDNS management dari RumahWeb.

  • Copy paste selector pada kolom Domain.
  • TTL biarkan default.
  • Record Type pilih TXT.
  • Copy paste record yang telah kita dapatkan pada kolom Text Information.

Membuat Dan Validasi DKIM Zimbra Pada DNS

Catatan : Tunggu waktu propagasi DNS. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk propagasi selama 2 x 24 jam.

Validasi DKIM Zimbra

Untuk memvalidasi atau pengecekan apakah DKIM record yang sudah kita tambahkan pada DNS sudah benar atau belum dapat melalui tool yang disediakan oleh MXTOOLBOX

Validasi Dkim Zimbra Pada DNS

Masukkan domain yang Anda miliki pada kolom Domain Name dan masukkan B6AA067A-6B6A-11E7-96A4-3D5FE4F7BA5A pada kolom Selector. Jika sudah klik DKIM Lookup.

Jika DKIM Record sudah benar, maka hasilnya akan seperti berikut.

Testing DKIM

Agar mudah mengetahui DKIM pada Zimbra sudah berfungsi, lakukan pengiriman email dari Zimbra yang ditujukan ke domain @gmail.com.

Lihat email yang masuk dari Zimbra, lalu perhatikan lingkaran warna hijau. Jika terdapat signed-by: ilmuzimbra.com berarti kita berhasil menerapkan DKIM pada email server Zimbra.

Test DKIM Zimbra

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *