Sebagai email admin zimbra, kita harus mengetahui apa saja macam-macam status account zimbra dan apa saja perbedaannya dari masing-masing status tersebut. Jadi kita dapat tepat memilih atau memberikan status account dalam kondisi tertentu.

Berikut adalah macam-macam dan perbedaan status account pada Zimbra.

  • Active : Ini adalah normal status untuk account. User dapat login ke client interface dan email yang ditujukan ke user tersebut dapat terkirim.
  • Maintenance : Ketika account status dirubah menjadi menjadi maintenance. User tidak dapat login namun untuk email yang ditujukan ke user tersebut akan ditahan di antrian MTA (queue).
  • Pending : Status pending ini menurut IlmuZimbra.com digunakan pada saat ada karyawan/user baru yang akan menggunakan Zimbra tapi hanya dipersiapkan dahulu oleh email admin. Karena account yang statusnya pending user tidak akan bisa login dan email email yang ditujukan ke user tersebut akan ditolak dan mengirimkan email bounce back.
  • Locked : User tidak dapat login namun email yang ditujukan ke email tersebut tetap terkirim. Biasanya status ini digunakan pada saat terdapat account yang suspect / terkena hack.
  • Closed : Status ini sebenarnya sama seperti pending. User tidak akan bisa login dan email email yang ditujukan ke user tersebut akan ditolak dan mengirimkan email bounce back. Tapi biasanya status ini digunakan jika user sudah resign / account tersebut sudah tidak digunakan lagi.
  • LookOut  : Status ini akan aktif secara otomatis jika user mencoba login namun salah memasukkan password sebanyak waktu yang ditentukan. User tidak dapat login namun email yang ditujukan ke email tersebut tetap terkirim. Namun policy ini harus diaktifkan terlebih dahulu.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua 🙂

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *