IlmuZimbra.Com

Memahami Fitur Backup Pada Zimbra Network Edition

Contents

Pada artikel kali ini Penulis akan membahas terkait fitur backup pada Zimbra Network Edition.

Backup

Backup adalah sebuah proses untuk membuat salinan data sebagai upaya pencegahan kerusakan atau kehilangan data. Selain itu backup juga berfungsi untuk menyiapkan sistem yang aman sehingga nantinya data yang hilang dapat bisa kembali dipulihkan.

Metode Backup pada Zimbra Network Edition

Pada Zimbra Network Edition terdapat 2 Fitur backup yaitu Legacy Backup dan juga menggunakan third party Zimbra NG Backup. Berikut untuk penjelasan lebih lanjut terkait hal tersebut.

Legacy Backup

Legacy Backup adalah sebuah fitur yang terdapat pada Sistem Zimbra untuk dapat melakukan backup menggunakan CLI Command dan menggunakan Cron Jobs, Sehingga dengan dilakukan Backup teratur pada Server Zimbra dapat membantu anda untuk memulihkan layanan email dengan cepat jika terjadi kerusakan yang tidak terduga.

Zimbra NG Backup

Zimbra NG Backup adalah salah satu modul dari Modul Zimbra NG.

hal tersebut dirancang untuk menyediakan pencadangan dan pemulihan infrastruktur ke Zimbra NG Modules yang mengaktifkan Zimbra Open Source Edition atau Network Edition, serta memungkinkan sistem administator untuk mencadangkan data dan konfigurasi apa pun di server secara langsung tanpa terhenti, dan memulihkan data yang disimpan sebelumnya di mana pun Modul Zimbra NG.

Hal tersebut memanfaatkan sistem RedoLog asli untuk membuat cadangan waktu realtime dari semua transaksi di server, memberikan sistem administrator beragam opsi pemulihan. Dari saat rollback Mailbox tunggal ke pemulihan server penuh semuanya dapat dilakukan, dengan presisi sepersekian detik.

Daftar Fitur pada Zimbra NG Backup

Cara Kerja Zimbra NG Backup

Backup and Restore CLI Commands

Prosedur pencadangan dan pemulihan Zimbra dijalankan dengan perintah CLI. Utilitas berikut disediakan untuk membuat jadwal Backup, melakukan Full Backup dan Incremental, memulihkan server email, atau memulihkan server LDAP

Pada Backup Legacy Zimbra Network Edition terdapat 2 tipe backup yaitu Full Backup dan Incremental Backup berikut untuk penjelasan lebih lanjutnya

Tipe Backup Legacy pada Zimbra Network Edition

Full Backup

Incremental Backup

Pencadangan tambahan dijalankan menggunakan perintah CLI, zmbackup. Proses untuk pencadangan tambahan adalah sebagai berikut:

Jika tidak ditemukan cadangan lengkap untuk akun ini, proses pencadangan akan melakukan pencadangan penuh pada akun ini, meskipun hanya cadangan inkremental yang ditentukan.

Contoh Perintah Backup Pada Legacy Backup Zimbra

Notes :

Perbedaan antara Legacy Backup dan Backup NG

Legacy Backup dirancang sebagai rangkaian operasi terjadwal yang melindungi beberapa komponen Zimbra yang berbeda, sedangkan Backup NG dirancang sebagai sistem pencadangan berbasis konsistensi tingkat tinggi yang mengandalkan mesin pencadangan waktu Realtime yang disebut “Realtime Scanner” untuk melindungi data Anda dengan meletakkannya ke dalam direktori khusus dan mandiri yang disebut “lokasi Pencadangan” (secara default, /opt/zimbra/backup/ng/). Backup NG masih mengandalkan beberapa operasi terjadwal untuk keamanan data dan pencadangan konfigurasi, yang dirinci di bawah, tetapi tidak bergantung pada penjadwalan untuk mencadangkan data itu sendiri.

Ini berarti bahwa dengan Backup NG, semua item dan perubahannya dicadangkan pada saat yang tepat ketika konfigurasi dicadangkan secara berkala selama pemeriksaan harian dan operasi pemeliharaan pembersihan. Tidak bergantung pada siklus Penuh/Inkremental, penyimpanannya dikelola langsung oleh admin yang dapat memilih berapa lama menyimpan item dan akun yang dihapus dalam Backup (default: 30 hari).

Perbedaan penting lainnya adalah Backup NG tidak lagi bergantung pada Maintenance Mode dan selalu mengizinkan akses pengguna selama operasi Backup dan pemulihan apa pun.

Terakhir, Backup NG menyertakan 6 mode pemulihan bawaan yang memungkinkan rentang opsi pemulihan yang lebih luas – mulai dari item tunggal hingga skenario Disaster Recovery yang rumit.

Referensi :

https://wiki.zimbra.com/wiki/Zimbra_NG_Modules/Zimbra_NG_Backup/

https://wiki.zimbra.com/wiki/Zimbra_NG_Modules/Zimbra_NG_Backup/How_Backup_NG_Works

http://docs.zimbra.com/docs/ne/4.0.5/administration_guide/10_Backup_Restore.15.1.html

Exit mobile version