Contents

Eksternal  autentikasi berfungsi untuk menghubungkan LDAP zimbra dengan Eksternal LDAP dan Active Directory. Dapat menggunakan Microsoft Active Directory, Zentyal, Samba4.

Persiapan

  • Zimbra Mail Server
  • Eksternal LDAP atau AD (Active Directory)

Konfigurasi

  • Masuk ke admin console zimbra.
  • Pilih menu ConfigureDomains. Klik kanan pada domain dan pilih Configure Authentication.
  • Pilih External Active Directory, klik Next.
  • Masukkan nama domain yang digunakan pada AD, klik Next.
  • Masukkan user Administrator pada AD atau user yang setara dengan Administrator, klik Next.
  • Testing akun yang ada pada server AD pastikan hasilnya sukses. Klik Test untuk testing, lalu klik Next untuk melanjutkan.
  • Lewati pada konfigurasi berikut, klik Next.
  • Klik Finish untuk menyelesaikan konfigurasi.

Terima kasih telah membaca artikel ini, nantikan artikel selanjutnya Zimbra Auto Provisioning Lazy Mode.

Bagi Kamu Yang Ingin Mendapatkan Penawaran Incident Support atau Local Support Untuk Perusahaan/Institusi Kamu Saat Ini. Silahkan klik dibawah ini dan tuliskan pesan di layanan chat yang tersedia

Zimbra Support

About The Author

Avatar

Comments

  1. Avatardcn

    apakah dalam integrasi ini bisa menggunakan zimbra OSE ??, dan dalam melakukan update password apakah hanya cukup dari ActiveDirectory saja, maka di LDAP juga sudah terupdate ??

    1. AvatarEgi Rizaki Article Author

      Hi,

      Bisa menggunakan Zimbra OSE maupun NE ya untuk integrasi ke External AD, secara default memang hanya bisa mengganti password user melalui ActiveDirectory. Namun bisa melakukan konfigurasi seperti dilink berikut https://zimbra.org/extend/items/view/adpassword untuk mengganti password user melalui Zimbra dan password di AD akan otomatis terupdate.

  2. AvatarDimyud

    Mau tanya, bisa tidak jika create user di zimbra, otomatis terbentuk juga untuk user di Active Directorynya? Sehingga setting username dan passwordnya mengikuti settingan zimbra.Kebetulan Active Directorynya pakai Zentyal.

    1. AvatarEgi Rizaki Article Author

      Hi,

      Untuk hal itu saya belum pernah mencoba, Karena setahu saya concern Active Directory memang untuk menampung data-data user agar bisa digunakan oleh aplikasi lain untuk keperluan autentikasi misalnya. #cmiiw
      Jadi kenapa harus Active Directory yang sync ke Zimbra?

      Hal yang pernah saya coba adalah ketika kita membuat user di Active Directory maka user tersebut akan terbuat otomatis di Zimbra atau biasa disebut dengan Auto Provisioning menggunakan metode Lazy Mode. https://www.ilmuzimbra.com/auto-provisioning-lazy-mode/

      Terima kasih.

      1. AvatarDimyud

        Jika menggunakan auto provisioning lazy mode, ketika login email ke zimbranya menggunakan username dan password dari Active Directory nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.