Backup Legacy merupakan fitur yang ada pada versi 8.7 dan versi sebelumnya, pada backup legacy ini dia akan melakukan full backup secara bertahap sesuai dengan penjadwalan yang telah ditentukan. Berikut penjadwalan yang ada pada backup Legacy

Crontab Legacy Backup

Note :

  1. FullBackup dilakukan setiap sabtu pukul 01:00 Pagi
  2. Incremental Backup dilakukan setiap minggu-jum’at pukul 01:00 Pagi
  3. Penghapusan FullBackup Legacy dilakukan setiap hari pukul 00:00

Saya mendapati issue tidak bisa mengirim email dan ketika saya cek pada log zimbra terdapat warning bahwa disk yang digunakan sudah tidak dapat menampung antrian email. Berikut log-nya :

File zimbra.log

Kenapa ketika melakukan upgrade Backup Legacy aktif ? Nah pertanyaan bagus, Karena memang default dari zimbra ketika melakukan upgrade version akan mengaktifkan Bakcup Legacy secara otomatis.

Mudahnya, ketika install Zimbra Versi 8.8.7 diversi tersebut sudah menggunakan Backup NG tetapi ketika upgrade ke versi 8.8.15 zimbra akan mengaktifkan Backup Legacy secara otomatis walaupun versi sebelumnya tidak menggunakan Legacy Backup. Jadi kita harus menonaktifkan penjadwalan Backup Legacy dan menghapus salah satu Full Backup yang dilakukan oleh Backup Legacy.

Untuk mengetahui zimbra menggunakan Backup Legacy berikut perintahnya, akan muncul penjadwalan seperti berikut ketika zimbra menggunakan Backup Legacy.

Sekarang disable Backup Legacy menggunakan perintah

Cek kembali pada crontab untuk memastikan sudah tidak ada penjadwalan untuk Backup Legacy.
Terakhir untuk menghapus file Full Backup dari Legacy menggunakan perintah zmbackup -del, jangan menggunakan command rm -rf

Terima kasih telah membaca artikel ini, nantikan artikel selanjutnya.

About The Author

Avatar

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.